Tulis yang Anda cari

Senin, 23 November 2009

PURA PULAKI





Pura Pulaki di Buleleng
Pura pulaki terletak di kabupaten bulelelng tepatnya di kecamatan gerokgak desa banyupoh....sekitar 53km ke arah barat atau arah pelabuhan gilimanuk

Lingkungan Pura Pulaki dibangun di atas tebing berbatu dan langsung menghadap ke laut. Lingkungan Pura ini kelihatan sangat agung dan sesuai dengan namanya yaitu Lingkungan Pura Agung Pulaki. Daya tarik Lingkungan Pura ini yang menonjol adalah lokasi dan lingkungan Pura. Bukit terjal yang berbatu dan kering serta laut membentang di depannya dan bukit tidak jauh di sebelah Baratnya yang berbentuk tanjung kecil memberikan suasana yang sangat menarik.Kera-kera yang hidup di sekitar pura ini, sering berkumpul di halaman pura karena adanya makanan yang diberikan oleh para pengunjung, menambah daya tarik lingkungan pura ini.

Menurut kata orang, pura ini dibangun oleh seorang pendeta dari jawa, Dang Hyang Niratha di awal abad ke 16. Konon beliau dateng ke Bali karena putrinya dipaksa menikah dengan raja. Jadinya beliaupun ngungsi ke tempat ini lalu dengan kesaktiannya membuat daerah ini tidak kelihatan.Hemmmm...sakti juga ya, beliau pun lalu membangun sebuah pura disini, ya Pura Pulaki ini.Ada lagi yang lain, yaitu sumber air panas. Jadi, mandi disini bikin badan kamu segar konon bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit...........penasaran datang aja lanbsung.

pura pulaki, pulaki, sejarah pura pulaki

0 komentar:

Posting Komentar